Seseorang yang lahir pada tanggal 5 July 1997, yang ketika masa remajanya dipanggil dengan nama Bang Biyik.

Rabu, 27 April 2016

Cara Mengetahui Kualitas Gitar Akustik

Cara Mengetahui Kualitas Gitar Akustik, untuk bisa mengetahui jenis gitar akustik yang baik, Anda tentu harus mengetahui kualitasnya sehingga tidak salah membeli dan tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengetahui kualitas guitar akustik.

1. Kenali bobot gitar sebelum membeli. Gitar yang memiliki kualitas yang baik akan memiliki bobot yang lebih berat dan berisi dibandingkan dengan gitar yang kualitasnya kurang baik. Hal ini disebabkan oleh jenis bahan kayu triplek yang digunakan dalam pembuatan gitar tersebut merupakan jenis kayu dan triplek berkualitas tinggi.

2. Ketukan jari anda pada body untuk mengetahui suara yang dihasilkan, jika suara yang dihasilkan padat berarti gitar tersebut memiliki kualitas yang bagus. Sedangkan gitar yang kualitasnya kurang bagus akan menghasilkan suara yang terdengar kosong.

3. Perhatikan sambungan triplek pada sambungan body sehingga anda mengetahui jenis sambungan kayu yang digunakan. Lengkungan dan sambungan kayu yang baik akan terbentuk dan tersambung dengan sempurna, sedangkan gitar dengan kualitas kurang baik akan menghasilkan bentuk dan sambungan yang kurang sempurna atau bahkan tidak dibuat dengan tipe patah-patah.

4. Sambungan pada kayu luar komponen yang bagus biasanya dilengkapi dengan fiber pada sisi body-nya.

5. Neck gitar yang bagus memiliki plat besi yang bagus sebagai pengencang pada gitar tersebut. Hal ini dibuat supaya menghindari neck agar tidak bengkok meskipun tarikan senar yang kuat dan sering digunakan. Pada gitar yang berkualitas bagus, besi ditempatkan dari dalam body atau diujung neck dengan penutup berbahan mika. Besi ini bisa disetel dengan menggunakan kunci L.

6. Pilihlah gitar dengan jenis fret yang tidak berpenampang kecil, karena hal ini akan berpengaruh pada teknik bermain gitar yang dilakukan, terutama teknik bending.

7. Petiklah tiap senar pada masing-masing fret untuk mengetahui suara yang dihasilkan. Gitar yang bagus akan menghasilkan bunyi yang sempurna tiap kali senar dipetik pada masing-masing fret.

8. Pilihlah gitar dengan tuning keys yang terbuat dari bahan besi dan menggunakan gir pemutar tertutup. Gitar dengan kualitas yang baik akan memiliki tuning yang ringan dan tidak akan menimbulkan suara saat diputar.

9. Pilihlah gitar dengan senar yang memiliki kelenturan yang tinggi, sehingga tidak akan terasa sakit saat digunakan. Senar yang baik juga akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan saat anda melakukan berbagai macam teknik dalam bermain guitar. Selain itu ketinggian senar yang ideal juga sangat penting untuk diperhatikan, karena jika senar terlalu rendah maka nada yang dihasilkan tidak akan sempurna. Sementara itu, jika senar terlalu tinggi maka akan sulit dimainkan karena terasa keras. Pengaturan ketinggian senar terletak pada tremolo.

Baca juga:

  1 komentar:

Popular Posts

Recent Comments

Formulir Kontak



Kategori

Comment

Chat Me

Artikel Terbaru