Seseorang yang lahir pada tanggal 5 July 1997, yang ketika masa remajanya dipanggil dengan nama Bang Biyik.

Jumat, 08 April 2016

Sejarah Alat Musik Guitar

Guitar adalah salah satu instrumen penting dalam musik. Saya akan berbagi ilmu sedikit tentang guitar untuk kalian para pencinta musik. Guitar dahulu dikenal dengan nama citar atau sethar yaitu sebuah alat musik kuno dari daerah persia pada tahun 1500 SM. alat musik kuno tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah guitar kuno yang di kenal dengan istilah Tanbur.
                                                                     Guitar Pertama

Pada tahun 300 SM alat musik Tanbur dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian di kembangkan oleh bangsa Romawi. Pada tahun 476M alat musik ini di bawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi :
1. Guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi
2. Guitarra Latina yang berfungsi untuk memainkan akor
Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa alat musik semacam guitar gambus dengan sebutan Al ud ke Spanyol. Berdasarkan konstruksi kedua guitar Romawi dan al ud Arab tersebut, bangsa Spanyol membuat alat musiknya sendiri yang disebut Vihuela. Alat musik Vihuela kemudian menjadi populer di Spanyol, sedikit demi sedikit alat-alat musik pendahulunya mulai ditinggalkan. Walaupun demikian alat musik al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas Vihuela di Spanyol. Di Eropa alat musik al ud di sambut dengan baik dan berkembang menjadi bderbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17.
Vihuela

Selanjutnya, sejarah guitar juga dipercaya dari wilayah Timur dekat diantara puing-puing yang di temukan di Babilonia, yang paling relevan adalah Guitar yang dibuat pada tahun 1900-1800 SM. Dari masa itu guitar mempunyai revolusi yang begitu rumit dan beraneka ragam. Begitu banyak jenis dan masing-masing memiliki nama yang berbeda. Beberapa kalangan berpendapat, menganggap guitar justru berasal dari Spanyol karena mirip dengan Vihuela alat musik dari Spanyol yang beredar pada awal abad ke-16. Alat musik ini(guitar) mempunyai cara pembuatan yang sama dengan alat musik Ukulele. Guitar yang dibuat pertama kali sebenarnya berukuran sangat kecil dan cuma mempunyai empat dawai seperti ukulele. Pada masa klasik banyak publikasi yang dilakukan oleh pemusik dan para pembuat lagu. Seperti Fernando Sor, Mauro Guiliani, Matteo Carcassi, Fernando Caulli, dan masih banyak lagi pencipta yang mengembangkan metode bermain guitar yang akhirnya menjadi sebuah permainan umum dan dapat diterima.

Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Comments

Formulir Kontak



Kategori

Comment

Chat Me

Artikel Terbaru