Seseorang yang lahir pada tanggal 5 July 1997, yang ketika masa remajanya dipanggil dengan nama Bang Biyik.

Sabtu, 09 April 2016

Sejarah Guitar Gibson

GIBSON adalah salah satu merk guitar yang paling populer dikalangan para musisi dan penikmat musik di dunia. kali ini saya akan mengulas sedekit tentang sejarah brand musik yang satu ini, untuk bisa berbagi ilmu dengan kalian para pencinta musik.
Gibson guitar

Pada tahun 1894 seorang pegawai di Kalamazoo, Michigan, Orville Gibson mengembangkan instrumen guitar dan mandolin dengan mengambil desain dari biola, di bengkel kayu yang ada di rumahnya. Dia merancang model baru mandolin: scroll-body F style dan Teardrop-shaped A style, yang sekarang menjadi model standar mandolin. Orville Gibson memperoleh hak paten atas ciptaannya pada tahun 1898.
Orville Gibson

Mandolin hasil desain orville sangat laris di pasaran dibandingkan mandolin model bowlbacks dan taterbugs yang beredar di zaman itu. orville pun tidak mampu memenuhi permintaan pasar. Lima Saudagar besar asal Kalamazoo membeli hak paten atas namanya dengan harga $2500 dan menyewanya sebagai konsultan. Mereka mendirikan The Gibson Mandolin-Guitar Manufacturing. Co., Ltd. Pada tanggal 10 oktober 1992. Walaupun memiliki sedikit saham, orville bukan merupakan pemilik dari Gibson Company. Setelah perselisihan dengan dewan komisaris, orville melepaskan sahamnya enam bulan kemudian. Orville tetap menerima royalty dan pensiun hingga kematiannya di tahun 1918.

Dari tahun 1903 hingga perang dunia I, Gibson merajai penjualan mandolin di Ameriak. Pada tahun 1921, pegawai Gibson Ted McHugh menciptakan dua penemuan yang sangat penting di dalam sejarah guitar yaitu adjusttable truss rod dan height-adjustable bridge. Gibson sampai hari ini masih menggunakan truss rod temuan McHugh dan guitar jazz tradisional masih menggunakan bridge hasil desain McHugh.

Perang dunia I mematikan pasar mandolin dan penjualan tenor banjo berkembang pesat. Gibson yang terancam pasar utamanya mengeluarkan mandolin F-5 dan guitar L-5 yang dikembangkan oleh Lloyd Loar. F-5 dan L-5 memiliki keunggulan yaitu dengan adanya F-hole, neck yang lebih panjang, tuner diatas dan tone bars. Loar juga menciptakan mando-bass yang menjadi cikal bakal bass elektrik modern. Loar dan ciptaanya menjadi legenda, sayangnya perusahaan Gibson hampir bangkrut dan Loar memutuskan keluar di tahun 1924. Namun band jazz berkembang pesat, dan Gibson merespon kebutuhan guitaris jazz dengan mengeluarkan The Avanced L-5 dan Super 400 di tahun 1934. Gibson memperbesar ukuran L-5 dan model archtop lainnya dari 16* ke 17*. Gibson juga memperkenalkan Super 400 dengan lebar 18*, yang masih dianggap sebagai puncak dari desain guiatar archtop.

Guitar elektrik Gibson pertama kali di perkenalkan pada tahun 1935, sejak saat itu Gibson memasuki pasar baru untuk guitar elektrik dengan mengeluarkan guitar untuk Hawaiian Style EH-150 dan untuk guitar jenis "Spanish" di tahun 1936. ES adalah singkatan dari elektrik spanish. Harga paketan guitar dan ampli dijual seharga $150. Penyayi country sekaligus bintang film Ray Whitley memesan sebuah guitar yang berukuran sangat besar yang di beri nama The King of The Flat Tops pada tahun 1938. Kemudian seri ini berubah menjadi J-200 atau SJ-200 yang merupakan favorit para penyanyi country saat ini.

Model Cutaway pertama, The Super 400 Premier dan L-5 Premier di luncurkan tahun 1939, yang memudahkan para guitaris untuk memainkan nada-nada tinggi. Model Cutaway kemudian menjadi model yang sangat disukai. Dan di tahun 1944 perusahaan Gibson di beli oleh Chicago Musical Instrument Co., salah satu distributor musik terbesar.

Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Comments

Formulir Kontak



Kategori

Comment

Chat Me

Artikel Terbaru