Seseorang yang lahir pada tanggal 5 July 1997, yang ketika masa remajanya dipanggil dengan nama Bang Biyik.

Jumat, 13 Mei 2016

Pengertian Gitar Akustik

Pengertian Gitar Akustik, Gitar akustik merupakan gitar yang suaranya dihasilkan dari getaran senar yang dialirkan melalui bagian sadel gitar, dan jembatan yang digunakan untuk mengikat senar ke dalam ruang suara. Dengan kata lain, suara tersebut akan beresonansi terhadap kayu dan bahan gitar sehingga menghasilkan nada yang dimainkan.

Gitar Akustik ini biasanya memiliki 6 senar atau lebih yang terbuat dari nylon atau kawat baja. Gitar yang bahan senarnya terbuat dari nylon sering juga disebut gitar klasik. Gitar akustik ini biasanya terbuat dari bahan kayu sehingga suara yang keluar semakin kuat dan kualitasnya pun semakin bagus.

Bentuk body gitar akustik sangat mirip dengan gitar klasik. Selain itu, keduanya pun bisa menghasilkan suara yang baik tanpa perlu menggunakan amplifier. Namun, leher gitar akustik biasanya lebih kecil dibandingkan dengan leher gitar klasik. Jenis gitar akustik ini biasanya digunakan sebagai instrumen dalam permainan musik populer.

Gitar akustik dengan senar berbahan nylon memiliki suara yang lebih rendah dan "ngebass" dibandingkan dengan gitar yang menggunakan senar dari bahan baja. Oleh sebab itu, Gitar akustik dengan senar nylon lebih cocok untuk digunakan pada saat mengiringi vokalis yang memiliki suara dengan nada yang rendah atau "ngebass", Sedangkan gitar akustik dengan senar berbahan baja sangat cocok digunakan sebagai alat pengiring vokalis yang bernada tinggi dan melengking.

Bagi pemain musik yang suka menggunakan teknik bending, sebaiknya anda menggunakan gitar akustik dengan senar berbahan baja, karena teknik bending akan sulit dilakukan jika gitar menggunakan senar dengan bahan nylon. Namun, gitar akutik dengan senar berbahan nylon akan lebih awet  jika dibandingkan dengan gitar akustik yang senarnya berbahan dasar kawat baja. Hal ini disebabkan oleh penggunaan senar kawat lebih mudah berkarat dibandingkan senar berbahan dasar nylon.

Selain itu, bagian leher pada gitar yang menggunakan senar berbahan nylon tidak akan mudah melengkung dibandingkan gitar bersenar kawat baja. Hal ini disebabkan sifat nylon yang lebih elastis dibandingkan kawat baja, sehingga tekanan pada senar nylon lebih rendah dibandingkan dengan tekanan pada senar kawat.

Akan tetapi, untuk melakukan pemasangan senar, gitar berdawai kawat akan lebih mudah dipasang dibandingkan dengan gitar berdawai nylon. Saat memasang senar berbahan nylon, anda perlu mebuat simpul agar senar tidak mudah lepas, Sedangkan pada senar kawat sudah terdapat penahan berbentuk bulat diujungnya, sehingga anda tidak perlu membentuk simpul sebagai penahan dawai.

Baca juga:

  1 komentar:

Popular Posts

Recent Comments

Formulir Kontak



Kategori

Comment

Chat Me

Artikel Terbaru